Oleh: Bapak Wijaya Kusuma
Sebagai stasiun televisi swasta pertama yang mengudara secara nasional sejak 23 januari 1991, juga tv pelopor musik dangdut, tayangan sopan yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Berganti nama dan logo karena TPI masih sangat kuat sebagai Televisi Pendidikan Indonesia yang sudah tidak sesuai dengan konsep perusahaan, untuk meningkatkann target market dan kualitas program yang lebih baik lagi. TPI mendapatkan urutan posisi ke 4 dari 11 televisi di Indonesia tetapi jumlah iklannya yang masuk hanya sedikit maka dari itu TPI melakukan survey dari agency.
Logo 1 |
Logo 2 |
Logo 3 |
Logo 4 |
Markplus Insight ditunjuk untuk melakukan Kajian Eksplorasi Perilaku Menonton TV dan Pengaruhnya terhadap Positioning TPI.
Kompetisi yang semakin ketat mempengaruhi positioning TPI dengan closer competitors saat ini. Hal ini mempengaruhi image responden terhadap profil demografis penonton ketiga stasiun TV tersebut
TPI
•Cenderung pria
•Usia 40-50 tahun
•Pendidikan maksimal D3
•SES Menengah-bawah
•Pekerjaan: Guru, karyawan kantoran level bawah/klerikal
•Sederhana, mapan secara emosi, konservatif
Indosiar
•Cenderung wanita dan remaja puteri
•Pendidikan minimal SLTA
•SES Menengah
•Pekerjaan/kegiatan: IRT, mahasiswi
•“Open minded”, berusaha tampil menarik, coba-coba
Trans 7
•Cenderung pria
•Usia 20-30 tahun
•Pendidikan S-1
•SES Menengah hingga menengah bawah
•Pekerjaan: karyawan “biasa”
•“Open minded”, “gaul”, “smart”, tapi low profile
PERUBAHAN HARUS DILAKUKAN
-PERUBAHAN HARUS MENYELURUH
Focus CHANGE directly, on culture indirectly.
•Perubahan Logo dan Merek harus dilakukan menyeluruh dan fokus ( Relaunch).
•Dampak perubahan harus menyentuh pada perubahan pada budaya perusahaan dimana
•fokus dalam setiap kegiatan operasionalnya setiap hari dan
•Dalam perencanaan strategisnya.
- Proses Relaunchproses perubahan relaunch dimaksud dengan tata cara sebagai berikut :
Direksi :
•Menyampaikan panduan dan arahan umum mengenai rencana perubahan relaunch ;
•Membuat Surat Keputusan relaunch
•Menghadiri dan mengambil keputusan setiap tahapan perubahan relaunch .
•Kepala Divisi membuat panduan mengenai proses relaunch dengan mempertimbangkan
–aspek penjualan (sales) dan pemasaran (marketing) dengan mempertimbangkan masukan dari para pengiklan / advertiser.
–Aspek pemirsa dengan mempertimbangkan hasil riset baik yang dilakukan internal maupun riset yang dilakukan oleh pihak ketiga (i.e. A.C. Nielsen)
–aspek produksi dan aspek promosi serta aspek peningkatan Citra Perusahaan dimata pemirsa
–Aspek karyawan berkaitan dengan perubahan budaya dan etos kerja (changing on corporate culture)
Tahapan relaunch
•Membuat jadwal atau tata waktu tahapan relaunch .
•membuat rencana turunan atas perubahan logo dan merek dalam proses relaunch tersebut ;
•Mengurus Hak Kekayaan Intelektual atas perubahan logo dan merek;
•Mengurus pemberitahuan perubahan logo dan merek tersebut kepada Pihak Yang Berwenang termasuk dan tidak terbatas pada Menkominfo dan Para Pemegang Saham.
•Tindakan-tindakan hukum yang bersifat khusus lainnya sebagaimana dipersyaratkan oleh Peraturan Perundang-undangan
MNC TV tidak menunjuk konsultan untuk relaunch tetapi menggunakan :
•Proses dilakukan dengan mengadakan sayembara karyawan.
•Team Promo and Post Pro mempersiapkan rancangan perubahan dan blue printnya
Dengan relaunch diharapkan
1.Meningkatkan audience trendsetter
2.Menarik pengiklan
3.Lebih inovative dan inspiring
4.Kekinian (Update)
5.Mengutamakan konten lokal (indonesiana)
6.Tetap fokus pada program religi, komedi dan musik
7.SES BCD
Logo yang di pilih |
Visi dari MNC TV :
Pilihan Utama Pemirsa Indonesia
Pilihan Utama Pemirsa Indonesia
Misi dari MNC TV :
Menyajikan Tayangan Bercita Rasa Indonesia
yang Menghibur & Inspiratif
Menyajikan Tayangan Bercita Rasa Indonesia
yang Menghibur & Inspiratif
WE ARE CHANGING
kartu nama |
Amplop |
Kartu anggota |
Kartu tamu |
Kartu parkir |
Seragam |
Gerbang depan |
Gedung |
Lobby |
Gedung MNC TV |
Mobil |
Template Prind ad |
Template Promo |
Microphone |
Logo Keluarga Lintas |
Web |
Web |
web |
Bagaimana MNC TV memperkenalkan relaunch
1.RELAUNCH 20.10.2010
2.PRESS CONFERENCE 21.10.2010
3.PRESSRELEASE ALL SEGMENT MEDIA
4.SOCIAL NETWORKING THROUGH FACEBOOK, TWITTER
5.TALKSHOW DI RADIO
6.DISKUSI ILMIAH•Posisi MNCTV sebagai “One stop entertainment” untuk keluarga Indonesia dengan target pemirsa dari kalangan menengah (SES BCD)
•MNCTV siap dengan program-program baru di antaranya program animasi “Oasis & Peterpan” dan sejumlah tayangan baru lainnya, di antaranya “Serial Pilihan Keluarga” dan Komedi Situasi terbaru bertajuk “Tawar Tawaran Tawa”.
•Menurut hasil survey AGB Nielsen, berada pada posisi ke-4 di antara seluruh televisi nasional selama 3 bulan terakhir berdasarkan SES BCD. Target pemirsa anak-anak 5 s/d 15 tahun, serta target pemirsa ibu-ibu dengan anak balita, menempati urutan pertama. Dengan adanya merek dan logo baru, diharapkan dapat meningkatkan posisi, rating dan share menjadi lebih maksimal.
Kesimpulan: Image sangat penting dalam berhasilnya stasiun televisi, bila ingin merubahan image televisi bisa melakukan relaunch. Melakukan relaunch pun harus secara menyeluruh mulai dari logo, visi, misi, warna, mobil, kop surat, seragam, web, kartu parkir, kartu anggota, kartu tamu, template promo. Selain itu juga kinerja karyawan di ubah, manajemen di ubah. Perubahan yang di lakukan semuanya sehingga dapat menghasilkan yang diharapkan.
0 komentar:
Posting Komentar